1.22.2011

Sering Mendengarkan Curhat Membuat Jantung Sehat

Sering Mendengarkan Curhat Membuat Jantung Sehat

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan fakktor resiko serangan jantung yang gampang-gampang susah untuk dikendalikan. Selain denga obat, tekanan darah bisa juga dikendalikan dengan kebiasaan baik yakni mendengarkan orang curhat.
Peneliti dari University Of Massachusett, Dr.Thomas Houston mengungkapkan hal itu dalah sebuah ekperimen yang dilakukannya baru-baru ini. Experimen tersebut melibatkan 230 orang dewasa dengan riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Para relawan dibagi menjadi dua kelompok, salah satu kelompok diberi 3 keping DVD yang berisi curahan hati(curhat) penderita hipertensi tentang upayanya menjaga kesehatan. Kelompok yang lain juga diberi DVD, namun isi DVD tidak berhubungan dengan kesehatan.
Setelah tiga bulan, para peneliti menemukan perbedaan proofil tekanan darah ppada kedua kelompo relawan. Kelompok yang menonton DVD curahan hati (curhat) secara rutin setiap hari memiliki tekanan darah lebih rendah dan terkontrol dibadingkan kelompok yang menonton DVD biasa. Kelompok relawan yang menonton DVD orang curhat memiliki tekanan sistolik 6,53-11,21 poin lebih rendah dibandingkan kelompok yang satunya. Sementara untuk tekanan diastoliknya pada kelompok tersebut teramati lebih rendah 3,05-6,43 poin dibandingkan kelompok yang lian.
“saya juga merasa penelitian ini memperkuat bukti bahwa komunikasi yang positif bisa membantu orang-orang untuk lebih mudah mengontrol kesehatannya”.ungkap Dr. Houston. Meski demikian, efek mendengarkan curhat bagi penderita hipertensi tidak bertahan dalam jangka panjang apalagi permanen. Dalam waktu 6 bulan saja, para relawan kembali tidak terkontrol tekanan darahnya sehingga harus mengonsumsi kembali obat-obatan seperti sediakala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar