12.19.2010

babur

Babur


Babur menurut bahasa diartikan sebagai Harimau.Babur adalah sebutan untuk Zahir-ad-din yang merupakan salah satu keturunan Timur Lenkh karena keberaniannya memimpin pasukkan yang kelaparan dan bahkan hampir tanpa berpakaian menyerang daerah-daerah yang makmur. Zahir-ad-din naik tahta Kesultanan Fergana pada tahun 1494. Zahir-ad-din sebagai ahli waris Timur Lenkh,bercita-cita menegakkan kembali Kesultanan leluhurnya itu.
Mula-mula Babur menaklukkan Samankand, ibu kota Turkestan.Pada tahun 1504 ia membawa tentaranya melintasi pegunungan Hindu Kusj dan menaklukkan negara di Afganistan. Didirikannya sebuah kesultanan dengan kota Kabul sebagai ibu kotanya. Kemudian Babur menyerbu kedaerah Pensjab, yang serba makmur itu. Ia bersiap menyerang Delhi dan Negara-negara lain di Hindustan.

Kira-kira tahun 1500 di Hindustan ada beberapa Negara,misalnya :
1. Delhi yang dipimpin oleh wangsa Lodi
2. Malwa sebelah Selatan
3. Benggaladisebelah Timur

Raja-raja itu sangat takut pada Babur yang bertahta disebelah Utara mereka dan bersiapbagaikan harimau yang akan menerkam. Raja-raja bersatu menghadapi Babur, musuh bersama . Peristiwa yang tidak mereka harapkan itu terjadi juga pada tahun 1526 Babur menyerbu ke Hindustan. Karena Babur pada waktu itu menggunakan meriam, tentara raja-raja Hindustan itu dapt juga dikalahkannya. Padapertempuran yang sengit itu sulatan Delhi dari wangsa Lodi,bernama Ibrahim,meninggal dunia dan Babur pun menduduki tahta kesultanan Delhi, sebagai sultan dari wangsa baru,yang disebut wangsa Moghul. Wangsa itu sangat mashur dalam sejarah Hindustan dan dapat mempertahankan kekuasaannyaselama kira-kira350 tahun. Memang sepantasnyalah, jika wangsa itu disebut wangsa Moghul Agung.Babur meninggalpada tahun 1530.
( J. Wiramihardja : 1972)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar