6.04.2010

timur lenkh


Timur Lenkh

Kira-kira tahun 1300 disebelah utara pegunungan Himalaya terletak kerajaan besar, yang bernama Jaghatai. Daerahnya meliputi seluruh Asia Tengah. Pada akhir abad ke-14 bangsa Turkistan memberontak terhadap raja Jaghatai dipimpin oleh Timur Lenkh. Pemberotakan itu berhasil dan Timur segera menaklukkan Asia Tengah, Afganistan dan Persia pada tahun 1393. Ibu kota negaranya itu ialah Samarkand.Timur Lenkh tyerkenal sebagai raja yang sangat ganas.Pasukan-pasukannya menyerbu, membunuh, membakar dan merampok dengan kejamnya. Negara-negara disekitarnya sangat takut kepadanya.
Tahun 1394, Timur Lenkh menyerbu ke Mesopotamia. Empat tahun kemudian ia menyerbu ke India Utara dengan semboyan perang suci; memerangi orang kafir yang menindas orang-orang islam.Akan tetapi baik orang-orang Hindu,maupun orang Islam membencinya, karena dimana-mana pasukan-pasukannya hanya membunuh dan merampok, sama sekali tidak mempertimbangkan agama apa korbannya.
Setelah cukup banyak merampas harta benda penduduk daerah Pensjab dan Delhi ia berpaling lagi ke Barat.Damsyi,ibu kota Suriah,dihancurkan oleh Timur Lenkh.Tahun 1403, Timur Lenkh menyerbu kesultanan Turki di Asia Kecil. Tentara Turki, yang dipimpin oleh Sultan Bajazet, dibinasakan di Angora.Kemudian Timur Lenkh menyerbu Eropa Timur.Timur Lenkh pernah menduduki Moskow.
Kini timur lenkh merasa cukup kuat dan bersiap-siap menyerbu ke cina akan tetapi cita-citanya tidak dapat dilaksanakannya, Timur Lenkh meninggal dunia pada tahun 1405.
Setelah Hindustan Barat ditahlukkan,Timur Lenkh mengangkat seorang raja muda di Pensjab. Raja Mudaini menyerbu Delhi dan selanjutnya Negara itu dikuasai bangsanya Tahun 1452 seorang raja, anggota bangsa Lodi, dari Afganistan berhasil merebut kesultanan Delhi.Sultan-sultan dari wangsa Lodi ini berusaha keras memperbaiki keadaan Delhi dan akhirnya berhasil juga. Kekuasaan wangsa ini berakhir, ketika Delhi diserbu oleh Babur dari wangsa Moghul tahun 1526.
( J.Wiramihardja : 1972 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar