6.02.2010

homogen dan heterogen

Campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran heterogen adalah suatu campuran yang terdiri dari dua bahan atau lebih yang memiliki fasa yang berbeda. Contohnya adalah pasir dimasukkan kedalam air, campuran ini merupakan campuran heterogen karena terdiri dari bahan-bahan yang meiliki fasa erbeda, pasir dalam fasa padatan dan air dalam fasa cair.
Campuaran homogen adalah suatu campuran yang terdiri dari 2 bahan atau lebih dalam fase yang sama. Sebagai contoh sejumlah kecil garan (NaCl) dimasukkan ke dalam air, garam larut dan contoh masih tetap dalam satu fasa tunggal yaitu cair. Komposisi dan sifat fase cairan baru ini yaitu larutan. Larutan memiliki sifat yang berbeda dengan air murni.Mungkin penjelasan diatas susah dimengerti untuk kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelas klik saja disini.
Larutan adalah campuran molekul (atom atau ion dalam beberapa hal),hal ini biasanya menyebabkan molekul-molekul pelarut agak berjauhan dalam larutan dibandingkan dengan jarak molekul-molekul pelarut dalam keadaan murni. Mengapa hal ini bisa terjadi? Klik disini untuk menjawab pertanyaan ini. Banyak orang bingung untuk mengetahui apa yang terjadi pada saat pembentukkan larutan. Karena amat kecilnya molekul suatu zat, hal ini hanya dapat dijelaskan secara dugaan yang terjadi dalam pembentukkan larutan. Menurut dugaan beberapa ilmuaan, Sebenarnya yang terjadi dalam pembentukkan larutan dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu meningkatkan jarak molekul-molekul pelarut, tahap selanjutnya pemisahan terhadap molekul-molekul zat terlarut, tahap yang terakhir adalah bagian molekul-molekul yang telah terpisah bergabung dengan molekul lain yang menyebabkan terbentuknya zat baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar